Kamis, 16 April 2015

:) Mengenal lebih dekat tim Relawan Posko Aliyan

Selamat siang :) masih sehat dan bahagia ya hari ini . Bagaimana aktifitasnya ?
tidak ada lagi alasan untuk menghabiskan waktu dengan aktivitas yang sia-sia ya readers. 
Berani berkata Tidak untuk aktivitas yang hanya membuang energi, tidak produktif, tidak kontributif, dan menjauhkan kita dari impian yang kita tuju. Karena, sekali lagi, terlalu sayang bila hidup yang sesaat ini dilewatkan tanpa prestasi dan kontribusi.
Hari ini saya mau berbagi cerita,yah setidaknya akan menjadi catatan tersendiri buat saya kalau awal tahun ini saya ikut dikegiatan bantu-bantu di program tanggap darurat Longsor Banjarnegara dan program pendampingan selama 3 bulan.
terimakasih team :) sampai ketemu lain waktu

Sebelumnya saya mau berterimakasih atas kepercayaan nya,untuk membolehkan saya bantu-bantu diposko Aliyan. Untuk Sen Fathul Faruq yang membolehkan saya bergabung bersama posko alian,Untuk Mas Zaenal Abidin koordinator Posko Alian. :) Yang utama mungkin Terimakasih MDMC Banjarnegara, Terimakasih banyak atas kepercayaannya selama ini. Ini kegiatan pertama saya yang terjun langsung lebih dari 1 minggu :) heheheh. Bertemu dengan orang-orang baru,bertemu dan terjun langsung melihat kondisi lapangan yang belum pernah saya bayangkan ada di posko selama kurang lebih 3 bulan lamanya. Banyak ilmu yang saya dapat dari kegiatan ini,banyak mengenal karakter lagi,semoga kita semua menjadi orang yang bermanfaat untuk orang lain ya :)

Nah selama 3 bulan ini saya hidup di Rumah ini :) Rumah Bpk.Sahri dan Bu Nunung
hehehehe rumah yang sangat nyaman buat saya :) mungkin karena dirumah di purwokerto berasa banget sepi nya. Makan nya rame-rame disini , Pemilik rumahnya juga hidup bareng kami.Rumah ini kami sebut "POSKO" ini dia pemilik rumah,saya cukup dekat dengan pemilik rumah,biasanya saya punya sapaan tersendiri buat Beliau. "Cakep dan Cantik" yap..itu panggilan saya buat Pak Sahri dan Bu Nunung.
selfie dengan cantik & cakep
Koordinator Posko sendiri di komandani Mas Zaenal Abidin.Bapak RT diwilayah Sumber ini menjadi Koordinator posko alian , saya di pilih menjadi Bendahara dan Koord.Rumah Tangga Posko,alias mah dapur umum.hehehheehe....
Sukanya sih ketawa-ketiwi,kalau mau apa-apa harus seizin beliau . Terimakasih mas zaenal untuk mempercayakan keuangan dan dapur umum kepada saya. Maafin saya kalau kemarin-kemarin banyak candaan saya yang kurang berkenan dihati.

Di Posko ada beberapa bidang program,selain koordinator Lapangan yang di pegang oleh mas Zaenal Abidin,bendahara dan koord.rumah tangga posko alias dapur umum yang dipercayakan ke saya,ada bidang pemberdayaan,mitigasi,psikososial anak,dan bidang dakwah,advokasi dan kesiapsiagaan.nah yuk mari kita lihat orang-orang hebat ini yang saya kenal selama 3 bulan ini.

Bidang Pemberdayaan ada mba Beb Maulida dan Reza 
Baru kenal di posko dengan 2 orang hebat nya bidang pemberdayaan. Bidang pemberdayaan sendiri konsen ke ekonomi kreatif untuk pengungsi korban longsor,untuk bisa bangkit dan mandiri dalam masalah ekonomi. Kegiatan nya cukup seabrek,dengan rencana anggaran yang juga besar,hehehehe.
Reza ini kadangan lupa,kadangan suka ribet sediri . Kenalan nya orang-orang penting banget nih si reza :) sholatnya juga ga pernah ketinggalan,masih muda.sukses terus reza :)

Nah yang ini mba maulida,biasanya diposko dipanggil mba beb,atau mbokdhe.

Hahahaha,lebih tua dikit dari saya,tapi mba ini lebih dewasa dan lebih tinggi dari saya.wkwkwkwk. Masuk di program pemberdayaan mba maulida sangat berperan penting di program ini. Pemberdayaan memang menjadi program yang paling penting dalam pendampingan korban longsor ini. Bagiamana tidak,kegiatan sehari-hari korban longsor yang tadinya biasa bertani mungkin selama 3 bulan ini tidak lagi dilakukan,maka adanya program pemberdayaan ini diharapkan bisa membantu dan menambah motifasi untuk para pengungsi supaya bisa aktif lagi dalam berkegiatan.

Mitigasi , dikoordinator  sen faruq bersama dengan Mas Lissin :) dan beberapa teman-teman relawan dari kudus yang saya ga punya fotonya :( . Mitigasi sendiri ada beberapa program kerja seperti membentuk Desa Siaga Bencana,Sekolah Siaga Bencana dll . Waktu ikut beberapa kali di program kerjanya mitigasi,menambah wawasan tersendiri buat saya yg berlatar belakang mapala ecek-ecek ini . Membentuk Desa Siaga Bencana,mengumpulkan dan memberikan pemahaman kepada warga ternyata susah-susah gampang.
(kiri - kanan ) Sen Lissin , Sen Faruq , arum
Mitigasi mempunyai team dari kota kudus,masih ada beberapa yang harusnya saya sebutkan seperti mas Sadarudin,mas ipung,mas agung,mas juned dkk. mereka semua tergabung dalam team mitigasi.
orang - orang yang sudah ahli dibidang mitigasi ini juga banyak melakukan kegiatan yang baru saya dengar "JITUPASNA" di blog lain saya akan cerita rinci kegiatan-kegiatan per bidang deh. sekarang kenalan dulu sama penghuni posko :)

Lalu ada bidang dakwah :) nah dakwah juga penting,untuk menumbuhkan kembali minat masyarakat sekitar tentang arti pentingnya ibadah dan lain-lain.Ada mas heri yang menghandle segala sesuatunya tentang dakwah,dari pengajian rutin,sampai pengajian akbar di desa sekitar posko ini.
yg lg ngelirik mas heri dan mas zaenal abidin
Lalu ada program psikososial anak yang dikoordinatori agung , ini orang mirip banget sama subro.perawakan nya yang besar dan imut kadang bikin jengkel,kadang bikin ketawa. Psikososial anak konsen ke anak-anak korban longsor,maka dibuatlah sekolah ceria yang setiap hari di pantau oleh agung. 
si pemerhati anak-anak . Agung
Nah itu tadi orang - orang yang mengkoordinatori per bidang program pendampingan,disamping mereka ada orang-orang yang serba bisa seperti yang mau saya utarakan berikut ini yang banyak banget bantuin saya dibagian masak-memasak.

Aidi dan Gopret

aidi lagi main tali temali
 
gopret si pemilik sangkar burung2 cantik
orang serba bisa . yap kenapa saya bilang demikian , kedua orang ini dimintain tolong apapun ga pernah bilang "ga" selalu bisa,apa aja yang saya butuhin dan ga bisa saya lakukan selalu bisa diselesaikan dengan baik oleh 2 teman baru saya dibidang dapur ini. Mereka petani kentang loh,cihuyy pengusaha kentang didaerah sumber. Banyak hal yang saya petik dari kedua orang ini untuk menjadikan cerminan untuk saya. Terimakasih aidi dan gopret yang selalu mambantu dapur umum dan belanja di pagi buta karangkobar.tenang - tenang aja kalian di sumber,heheheh

selanjutnya ada kakak beradik mas momo dan zaenal tanpa abidin,hahahah.karena di posko aka 2 nama zaenal,saya suka manggilnya zaenal tanpa mutaqien dan zaenal tanpa abidin.nah yg ini zaenal tanpa abidin,alias mas zaenal mutaqien.mas momo dan mas zaenal tanpa abidin ini kaka beradik :) masuknya di team advokasi ada assessement :) nah besok-besok saya cerita lagi apa lagi itu assessment.
anak bunda

mas zaenal tanpa abidin

mas momo ini biasanya berangkat ndata-ndata..apa aja didata,hahaha..mungkin juga ndata wanita-wanita yang siap menikah. saya biasa memanggil mas momo dengan sebutan "anak bunda" hahaha..soalnya ini laki-laki satu ga keliatan banget tua,padahal mah umurnya jauh melesat diatas saya.
mas zaenal mutaqien sendiri masuknya di team advokasi,yang wara wiri kesana kemari waktu tanggap darurat dan awal-awal bulan pendampingan :) kesehariannya adalah seorang guru di sekolah di daerah sumber.
setelah tadi ada advokasi dan assessment ada team kesiapsiagaan nih . Ethek dan Faid yang sukanya lagu dangdut. -___- apa-apa nyanyi dan joged,ntah bagus atau engga suaranya,pokoe jogedd
faid si raja joged

ethek nya fiesta
mereka ini udah kayak pasangan suami istri,kemana - mana berdua. dikirim dari daerah wonosobo mereka menjalankan tugasnya dengan baik. ethek juga sangat membantu saya di dapur umum,karena aidi tidak selalu diposko saat pagi. kesiap siagaan sendiri fungsinya selama saya lihat diposko faid dan ethek ini disapkan untuk kegiatan dadakan.contohnya seperti beberapa waktu lalu didaerah sekitar banjar ada longsor sususlan yang mungkin dalam skala kecil,disinlah ethek dan faid dikirim untuk membantu diwilayah yang dibutuhkan.selain itu mereka juga membantu team advokasi dan SSB.
nah itu tadi beberapa orang yang saya kenal selama 4 bulan ini.banyak konflik,sudah pasti,menjaga mood untuk tetap bertahan itu juga sudah pasti,pusing sama nota yang acak adul juga sudah pasti,menjaga 4 sehat 5 sempurna untuk kawan-kawan relawan juga itu sudah pasti.pengembangan diri tidak boleh berhenti, motivasi harus tetap tinggi. Manja dan menunda pekerjaan harus segera ditinggalkan. Dan dengan berakhirnya program pendampingan saya meminta maaf yang sebesar-besarnya atas kesalahan saya selama diposko yang sengaja maupun tidak disengaja.Ntah candaan saya yang menyakiti hati , perlakuan dan sikap saya yang kurang sopan mungkin.untuk itu semua saya meminta maaf.
ini saya , mba maulida dan mba wenty ( mb.wenty masuk di psikososial anak)





Tidak ada komentar: