Senin, 18 Mei 2015

Mendaki gunung,menyembuhkan buat saya:)

Assalammualaikum... Hallo  , 

Malam ini saya merasa lebih baik dari malam-malam sebelumnya. Mungkin karena saya sudah bisa beraktifitas seperti biasanya setelah jatuh bangun dari bulan lalu.heheeheh. Minggu lalu saya dikejutkan dengan berita pendaki jatuh dikawah merapi. Berita ini cukup menyita pikiran saya,disamping saya akan melakukan pendakian ke merapi bulan ini,tapi juga kabar ini membuat perhatian di mata para pendaki. Semoga pendaki yg jatuh kek kawah merapi,mendapatkan tempat yang terindah disana.

by the way Bulan lalu bulan yang berat buat saya. Rumah Sakit sudah menjadi tempat paling baik bulan lalu. Saat ini saya tidak ingin menulis hal-hal yang buruk yang saya alami. Saya sedang berjanji dengan diri saya,seberapapun buruk,saya tidak boleh bersedih terlalu lama. Karena situasi saja sudah tidak baik,maka jangan menambah tidak baiknya suasana diri sendiri. Saya sedang kembali menjadi saya yang kemarin yang suka dan hoby memasak,kalau kalian lihat twiter dan fb saya,saya sedang rajin memposting hasil masakan saya setiap harinya. Saya memang baik-baik saja,saya tidak sedang berusaha tampak lebih baik-baik saja. Saya pun tidak ingin menipu diri saya sendiri.

Buat saya memandang langit itu menyembuhkan diri,mungkin jadi terapis sendiri buat saya.
Yah..saya suka memandang langit,apalagi dari puncak ketinggian. Yup mendaki gunung,menjadi salah satu aktifitas atau bisa disebut  keharusan buat saya.Itulah salah satunya kenapa nama blog ini Pecinta Ketinggian.  Banyak bersyukur kepada Allah SWT memberikan kesehatan,dan sampai saat ini sepasang kaki saya masih bisa diajak berkrompromi masalah naik – naik kepuncak gunung. Minggu lalu saya baru saja mendaki G.Prahu.
Gunung yang menurut saya jalurnya tidak ada bonuse babar blas,heheheh. Selama 6 bulan lalu saya vacum dari kegiatan mendaki bareng temen-temen di juve adventure,dan pecinta alam. Mendaki gunung memang menjadi obat tersendiri buat saya. Mengajarkan banyak hal,tidak hanya tentang foto pemandangan nya saja,tapi juga rasa syukur,kebersamaan team. Mendaki gunung itu bukan hal mudah menurut saya, ya menurut saya. Mendaki gunung tidak sesederhana yang dipikirkan. Beberapa orang memaksakan diri untuk mendaki ditengah cucaca buruk,atau kondisi personil yang belum pernah mendaki. Atau mungkin hanya karena ingin mengabadikan foto maka harus mencari spot yang menantang :) percayalah Gunung Bukan tempat untuk menjemput ajal,perhatikan keselamatan diri.

Saya berterimakasih untuk semua orang yang pernah mau mendaki bareng saya,berterimakasih untuk meluangkan waktunya,berterimakasih untuk kekompakan dan apapun yang diluar dugaan terjadi saat mendaki karena cuaca dan kondisi fisik. Sebenarnya saya tidak hanya focus untuk mendaki,tapi juga rafting,climbing atau susur pantai. Travelling menjadi salah satu bagian didalam cerita hidup saya. Indonesia ini begitu indah,sungguh.
Beberapa gunung yang saya share berikut yg masih bisa simpan fotonya karena masih ada data file nya,beberapa foto gunung yg saya daki file nya hilang tak terdeteksi karena kemalingan laptop beberapa tahun lalu. Saya cukup sedih dan miris melihat beberapa tahun ini perfilm an di Indonesia memfokuskan tentang keindahan gunung,tapi tidak memfokuskan safety nya untuk pendakian. Bagaimana bisa mendaki hanya denga bermodalkan nekat? Mendaki tidak hanya sekedar mendaki,semua butuh persiapan dan keamanan setiap pendaki. Ah sudahlah siapa saya ini, saya hanya mencintai kedua kaki saya yang terus bersemangat diajak mendaki. Sekali lagi saya terus berdoa dia awal dan akhir pendakian"Ya Rabb...sampaikan saya dipuncak,dan kembalikan saya dan team dengan selamat sampai kerumah"

Yuk lihat beberapa yang bisa saya share disini

Gunung Bromo
Berangkatnya sendiri waktu ortu liburan di malang,berangkat sama tetangga rumah. Ga ada yang menyangsikan keindahan Bromo ini waktu tahun 2007 an deh kalau ga salah,
di gunung Bromo ini banyak turis yang berbondong-bondong ingin kesini,melihat sunrise dan keseharian suku di tengger. 

Bromo mempunyai ketinggian 2.392 mdpl, Bentuk tubuh gunung bromo bertautan antara lembah dan ngarai kaldera / lautan pasir seluas sekitar 10kilometer persegi.

bromo latar semeru,one day saya harus bisa ke semeru

Gunung Slamet
Gunung yang masih aktif dan sempat batuk di tahun 2014 ini menjadi gunung pertama yang saya daki selama 4 hari 3 malam via jalur Baturaden bersama senior-senior saya di mapala. Ngerasain pertama kali mendaki dengan perlengkapan lengkap dan logistik yang memadai,merasakan takut saat dipuncak karena ternyata kabut turun pada saat kami dipuncak. Gunung yang mempunyai ketinggian 3428 mdpl ini sangat cantik. Kebetulan bunga eidelweiss sedang mekar.Indah
anaphalis javanica , abadi selalu

puncak g.slamet

terimakasih senior-senior hebat

dengan slayer juvedonna

kawah g.slamet yg masih aktif

Gunung Sindoro
Gunung sindoro yang juga masih aktif sampai sekarang. Gunung ini mempunyai ketinggian 3.150 mdpl saya mengambil jalur via Kledung. Waktu saya mendaki dulu,saya harus membawa air dari bawah sampai puncak,karena tidak adanya aliran air di pos-pos G.sindoro. Bawa beberapa jirigen air dari bawah,Air minum nya disayang-sayang buat keperluan masak. Senior saya yang biasa ngopi mengalah untuk tidak sering membuat kopi.




Gunung Sumbing
Ntah kenapa namanya Gunung Sumbing tapi mungkin di salah satu puncaknya bentuknya sumbing atau meninggi sendiri. Oia kalau dari arah banjarnegara dan wonosobo Gunung Sindoro dan Sumbing ini tetanggaan. Cuma dibelah sama jalan raya saja. Gunung sumbing sendiri memiliki ketinggian 3371 mdpl.  heheh dapet jersey krn naik di hari kelahiran. Berterimakasih sekali lagi kepada senior-senior di mapala , terutama pak aceng yang selalu mensupport pendakian yang saya lakukan.


A
Gunung Ijen

Gunung Ijen adalah sebuah gunung berapi aktif yang terletak didaerah kabbupaten Banyuwangi,Jawa Timur. Ijen mulai dikenal semenjak blue fire nya menyita perhatian dunia. Untuk ke Gunung Ijen ini saya melewati hutan yang cukup adem dan menyejukkan mata.

 
indah ya :)


ini indonesia

Add caption



Gunung Semeru
Alhamdulillah saya sudah beberapa kali mengunjungi Gunung Semeru yang terletak di Jawa Timur. Yang pertama kalinya adalah mengikuti acara Jejak Petualang,lalu ke semeru lagi karena saya membuat event acara untuk teman-teman juventini adventure goes to semeru,lalu ke semeru lagi menemani teman-teman hijabers. Semeru menjadi pesona tersendiri setelah adanya film 5cm . Sedihnya adalah para pendaki yang mengesampingkan keselamatan mereka. Menganggap semeru begitu mudahnya didaki. Ranu Kumbolo menjadi tempat istimewa,dari sunrise yang muncul ketika matahari mulai nampak,hingga waktu petang,ranu kumbolo menjadi gambaran nyata indahnya Bagian-bagian dari Gunung Semeru.

suasana rakum saat itu


ketemu presenter idaman :)




masih ada batu nisan ini,sekarang nisan ini sudah dipindahkan





nah itu tadi waktu event jejak petualang,kali ini saya dan beberapa teman juventini yang tergabung dalam juventini adventure membuat event untuk mendaki bersama ke semeru.
juventini adventure


mengantarkan mereka sampai ke puncak semeru :) haru karena ga bisa semua yg sampai di sini


Gunung Rinjani
Gunung Rinjani berlokasi di Pulau Lombok, Nusa Tenggara Barat. Gunung yang merupakan gunung berapi kedua tertinggi di Indonesia dengan ketinggian 3.726 mdpl. Saya pun sudah beberapa kali menuju puncak Rinjani. Danau segara anak nya memikat hati saya untuk mengunjungi Rinjani. Keindahan nyata dan kebesaran Allah juga nyata saya saksikan. Medan yang tak cukup mudah membuat saya banyak mengucapkan Subhanallah. Pertama ke Rinjani saya bebarengan dengan senior mapala saya,kesekian kalinya saya menuju rinjani dengan teman-teman juventini adventure dengan membuat event Juve adventure menuju puncak Rinjani.Banyak hal yang saya pelajari dari memanage keuangan,logistik dan kondisi para teman-teman pendaki.








Gunung Merbabu
Gunung Merbabu,yang terletak di ketinggian 3.145 mdpl ini baru saya daki di akhir tahun 2013. Saya mengajak teman sekaligus saudara baru saya yg tinggal bersama saya dirumah purwokerto. Ferni namanya . Saya ingin mengajak dia mendaki,karena mendaki akan mengajarkan banyak hal. Dan itu terbukti setelah dia bisa mencapai puncak setelah sakit dan lelah yang dia rasakan.





kiri - kanan ( kiki,ferni,arum,teri ) Thanks guyss

Gunung Welirang
Gunung Welirang yang berada diketinggian 3.156 mdpl ini merupakan gunung yang terletak di perbatasan Kabupaten Malang dan Kabupaten Mojokerto, Jawa Timur, Indonesia. Saya mendaki welirang via pacet bersama teman-teman pecinta alam saya. Mengunjungi setiap gunung dijawa timur membuat saya tak lupa untuk kuliner.hehehhe

Gunung Gede Pangrango
Taman Nasional Gunung Gede Pangrango (TNGGP) adalah salah satu taman nasional yang terletak di Provinsi Jawa Barat. Gunung yang memiliki ketinggian 2.958 mdpl ini banyak membuat saya belajar tentang kondisi fisik pendaki. Karena di gunung ini saya harus belajar mengevakuasi teman sedome saya yang kelelahan dan tidak dapat melanjutkan perjalanan. Menemukan pendaki lain yang mau menolong kami,sungguh Allah SWT Maha Besar.





my style :))


oleh - oleh untuk ferni and the genk

ketemu temen-temen tekhnik kimia dari fakultas lain



thank you team


Gunung Ciremai
Hm.... akhirnya saya mendaki lagi setelah saya wisuda,yap gunung ciremai secara administratif termasuk dalam wilayah tiga kabupaten, yakni Kabupaten Cirebon, Kabupaten Kuningan dan Kabupaten Majalengka, Provinsi Jawa Barat. Saya melalui Kuningan melakukan pendakian ini,dan lagi-lagi saya mengajak ferni temen serumah saya yang juga mulai hobi mendaki bersama saya. Mendaki di Gunung di jawa barat biaya nya agak mahal yah ? sungguh ini yg saya rasakan dari mendaki G.Gede dan sekarang Ciremai. 

kawah aktif G.Ciremai

temen-temen baru,thanks abang-abang

puncak ke 2 untuk ferni





Puncak Sikunir
emmm..... ntah dimana fotonya tapi melihat sunrise dari puncak sikunir Dieng sungguh membuat saya lega. Coba deh sekali kali kesini,Cuma butuh 15-20 menit untuk sampai di puncak sikunir.

Gunung Prahu
Yap baru-baru ini saya mendaki prau,lagi nyidam mendaki gunung setelah 6 bulan ini saya vacum mendaki gunung. Kali ini saya mendaki dengan ditemani 2 teman relawan posko yang saya paksa untuk menemani saya,karena tidak adalagi yang bisa diajak mendaki dengan kondisi saya yang sekarang. Gunung Prahu 2.565 mdpl terletak di kawasan Dataran Tinggi Dieng, Jawa Tengah, Indonesia. Baru kali ini mendaki tapi seperti ga mendaki,hahaha,ga ngejar sunrise dan sunset,tidur tanpa batasan waktu,dan pulang dari jadwal yang sudah ditetapkan. Terimakasih aidi,etek kalian laki-laki yang baik,semoga nanti kalau anak aku besar,punya sifat-sifat baik seperti kalian ya

team dapur umum posko





Sudah lama saya ingin kesini sungguh,mendengar berita bahwa melihat sunrise indah ya G.Prahu tempatnya. Banyak sekali muda-mudi yang bergandengan dengan pasangannya minggu lalu ketika saya ke prahu,fyuhhhh.....





Pasangan travelling.... saya tidak akan bercerita tentang pasangan.karena saya tidak memiliki pasangan. Perjalanan saya kali ini di prahu saya dedikasikan untuk diri sendiri dan kalian yang percaya akan keadilan Tuhan. Terimakasih Allah SWT memberikan saya waktu untuk bertaubat,menjadi pribad yang lebih baik. 

Semoga akan ada perjalanan lagi dilain hari yang bisa saya share ya,dan membuat kita semakin jatuh cinta sama ciptaan Allah SWT. Ketika turis dari penjuru dunia berbondong-bondong datang ke negeri ini,warga negaranya justru berlomba berlarian berlibur ke negeri sebrang -___- Ah ya lupa,rumput tetangga memang selalu tampak lebihh hijau dari rumput di halaman sendiri bukan? Apalagi ketika tiket pesawat untuk pergi ke negeri tetangga lebih murah dari harga sewa atau tiket masuk dan keperluan mendaki , hehehhe...

Itu tadi beberapa gunung yang saya tengok , Kalau ditanya
“Arum ga capek naik gunung ?”
“Ga sayang sama kulitnya makin item ?”
“Arum emang dibolehin sama ortu?”
“Digunung ada apa , kok rajin banget ke gunung?”
Pertanyaan ini sering banget dilontarkan ke saya,lagi-lagi saya biasanya senyum. 
Dibilang capek,ya pasti capek,tapi ga secapek yang dibayangkan. Masalah kulit yang kebakar dan makin menggelap J ah saya buat saya itu point kesekian untuk wanita seperti saya. Kalau masalah ortu,saya memiliki bapak dan Ibu yang sangat baik,daridulu saya diperbolehkan untuk mendaki gunung asal meminta izin,dan tidak melupakan sholat. Kalau nanya digunung ada apa? Digunung ada semua hal yang tidak menipu,digunung semua terpampang nyata.semua hal.

Anyway saya juga suka sama pantai walau mengunjungi pantai tidak sesering mengunjungi gunung. Memandangi langit lama-lama dengan hamparan bintang dan bulan dari gunung dan pantai selalu berhasil menyembuhkan saya,saya akan merasa lebih lapang dada,dan lega setelah semua yang saya jalani. Mengepulkan asap putih diketinggian yg keluar dari mulut,memasak seadanya ala gunung,tubuh yang gemetar karena dinginnya dan mencoba tetap tegak berdiri.Sesederhana oerihnya kulit wajah yang terbakar , apapun itu ini semua membuat saya tersenyum dan sembuh dari luka yang saya terima.Langit yang selalu sempurna melengkapi perjalanan say disetiap pendakian. Tuhan Maha Baik,selalu memberi saya kesempatan untuk merasakan ini semua,menangkap setiap momen,dengan camera seadanya yang menjadi teman baik saya karena saya menyukai fotografi. Kekaguman saya sama langit dan gunung membuat saya memiliki impian bisa mendatangi tempat-tempat lain. 
Saya juga mau menyampaikan bahwa saya tidak seperti yang difikirkan,saya juga bukan orang yang memakai duit orangtua untuk travelling. Beberapa event travelling saya biasanya disponsori oleh beberapa endorse. Dengan memakai produknya saya bisa memakai pakaian gunung yang layak contohnya,dari Endorse saya bisa memakai perjanjian dari si endorse produk untuk bikin proposal mendaki. Tapi..untuk di endorse juga biasanya ga mudah,harus punya beberapa profile pendakian gunung,(buat pendaki gunung/traveller) mengikuti beberapa persyaratan juga. Untuk itu tidak ada hidup yang mudah,saya pun melewati serangkaian proses untuk sampai dititik ini. Jalani apa yang sudah digariskan Allah SWT kepadamu,baik dan buruknya Allah yang paling tahu. Suka atau tidak suka.
Tuhan.... Terimakasih untuk memberikan semua yang Engkau percaya ini yang terbaik untuk Hamba Mu
Tuhan aku tahu Engkau memperhatikanku
Seperti Bulan yang bersembunyi dibalik awan pekat malam
Seperti Gerimis yang disusul hujan
Seperti udara yang kasat mata
Seperti suara yang tak bisa didefinisikan seperti apa
Alhamdulillah , terimakasih semua ini lengkap untuk Hamba.
Sebuah perjalanan seharusnya mampu membuat kita menjadi semakin rendah hati. Karena pada akhirnya mereka menyadari bahwa mereka hanyalah serpihan kecil dari  indahnya Dunia yang diciptakan Allah SWT.
Saya tidak suka dibilang traveller,backpaker atau apalah. Saya hanya manusia yang kalau punya kesempatan melakukan perjalanan maka akan dengan senang hati pergi. Berjalan jauh dan jauh dengan cerir, mengisi logistik secukupnya,men charge camera dan hp,mengisi kepala saya dengan banyak hal baik dan menuliskannya agar setidaknya saya bisa ingat lagi,besok dan untuk kedepannya.

 Lihatlah Indonesia !!! Mari menjaga alam ini.pastikan gunung bukan tempat kamu menjemput ajal :) jangan lupa juga sama kewajiban ibadah walaupun itu di gunung.








Tidak ada komentar: