Selasa, 10 September 2013

Hobiiii...menghasilkan money :) "Alhamdulillah"

Siang readers , siang ini saya mau berbagi tips dan pengalaman lagi tentang hobi saya.
Selain mendaki gunung,acara nonbar juventus,atau travelling lain,hobi lain saya adalah membuat aksesoris.
Hhahaha,jadi notabene saya ini masih cewek tulen,walau keliatannya saya ga karuan begini -__-
Buat saya hijab itu jati diri,walau sampai saat ini saya belum bisa sempurna menutup aurat saya seperti yg banyak dibicarkan tentang hijab yg syar'i insyallah saya berusaha memperbaiki diri saya menjadi lebih baik kedepannya. Aminnn

Jadi begini,se tomboy-tomboy nya saya,saya masih memperhatikan aksesoris yg saya gunakan,nah dari sini ternyata beberapa temen,dan ex pacar saya (uhuk ) banyak memberi masukan dan support untuk membuat brosh dan semacamnya sendiri. Karena mereka melihat saya beberapa kali menggunakan brosh,dan kalung yang menurut mereka itu uniq. Satu lagi,saya suka sama bulu-bulu heheheh,feather menurut saya sangat bagus,dan uniq kalau dibuat akesoris,alhasil lah saya membuat brosh dan kalung ini untuk diri sendiri awalnya :))) heheheh.
Berterimaksih sekali sewaktu saya dijakarta , banyak dibantu ex pacar dan sahabat saya bunda Ria yang memberi banyak masukan tentang toko-toko grosir yg menjual peralatan untuk menjahit,bulu-bulu,rak , manic-manic. Alhamdulillah semua bisa kebeli dan saya memulai membuat brosh ini,awalnya emang hobi,suka dipakai sendiri.
Saya sejujurnya paling 'ngak bisa yg namanya jualan,dan ga tegaan kalau njual -__-. menentukan harga juga 'ngak bisa. Modal nya waktu itu cuma 1,yg penting buat dulu,harga belakangan. (Jangan ikutin saya ya)
Harusnya sih dari wal sudah bisa menentukan harga,keuntungan,dan pengeluaran untuk membuat 1 brosh dan bahan yg dipakai.
Buat cewek-cewek yang hobi belanja aksesoris juga tuh,sebenarnya kalau buat sendiri kayaknya ngak ada yg ngak mungkin asal mau belajar,dan pinter-pinter brwosing cari bahan/ke toko grosiran nya.
Ini nih hobi saya,berkutat sama tang,lem tembak,bulu,dan jahit-menjahit
ini alat-alat tempur saya 

hasil jadi bulu nya,jadi kalung merak ini
Awalnya sangat 'ngak pede,jadi cuma dipakai sendiri,tapi bgtu di share di twiter dan bbm :) alhamdulillah banyak yg pesen,heheheh dari sini udah seneng banget,seneng karena ternyata dari apa yg kita buat,banyak respon positif nya,alhamdulillah.
Nah dari kalung merak tadi,saya banyak mencoba eksperimen ke brosh,yg pengerjaannya lebih susah dari kalung bulu merak tadi,brosh yang saya buat mini-mini begini 



nah kendala lain adalah menjual brosh brosh ini.Selain di facebook,bbm,dan jejaring sosial lain,saya juga memasarkan brosh ini di campus,alhamdulillah juga tanggapannya positif. Dari sini saya banyak belajar banget cara berbisnis handmade. Ditipu sama konsumen juga saya rasakan.
Karena sekali lagi saya tipekal penjual yang barangnya dikirim dulu,baru duitnya ditransfer,jadi ada tahun lalu konsumen saya yg memesan brosh,yang kalau di uang kan kisaran 500 K lebih, :( sudah saya kirim dan ternyata 'ngak dibayar. Jangan ikutin saya readers :) bisnis nya jdi 'ngak jalan kalau gini mah,heheheh
Jadi intinya sih dari hobi membuat brosh yg awalnya untuk diri sendiri ini,hasilnya alhamdulillah sangat membantu saya untuk menabung,dan travelling tanpa minta uang dari orang tua lagi. :) 
Banyak explore tentang kemauan konsumen,dan model-model baru aksesoris di dunia aksesoris :) 
Allah selalu bersama Hamba - Nya yg suka travelling macam saya,hhihiihihiih
hasil jadi nya
bisa pesen sesuai selera juga
Sayangnya saya belum recap testi-testi dari konsumen brosh dan kalung saya,heheh tapi terimakasih banyak buat semua yg sudah pesan dan banyak membantu saya :) grazie mile