Jumat, 04 Januari 2013

Jejak Petualang Trans 7 di Ranu Kumbolo

malam.... menjelang isya,
Alhamdulillah 2012 lalu saya sudah mendaki Mahameru dengan temen juventini dan mahasiswa pecinta alam lainnya. tapi kali ini saya ingin bercerita tentang Ranu Kumbolo bersama Jejak Petualang 7

Kebetulan bulan Juni 2012 akun twitter Jejak Petualang Trans 7 mengumumkan acara Jambore Jejak Petualang Trans 7 2012 akan dilaksanakan tanggal 14 Juli 2012 di Ranu Kumbolo Semeru.Yayyyyy...akhirnya tahun ini di semeru,Setelah tahun lalu Jambore di Rinjani dan 'ngak bisa ikut karena kuliah dan UAS,kali ini bisa ga bisa semoga bisa ikut Jambore nya. Otak atik,tanya sana sini tentang track semeru,perbekalan,alat-alat dan logistik yang dibutuhkan,yap..insyallah saya bisa berangkat deh bulan depan. Kebetulan ada temen saya juga yg suka mendaki yg tinggal di Malang, Rizal namanya,temen Juventini JCI di Malang. Seteah atur waktu,personil,dan koordinasi,kami berencana berangkat ke Ranu kumbolo ber 3.Rizal,saya,dan adi (temen dari twitter yg kebetulan mau ke semeru karena Jejak Petualang juga). Kami berkoordinasi via sms untuk pembagian job yang membawa carier siapa,nesting/trangea,dll.

Tepat sebulan,,,ga sabar,dudduudud...saya berangkat dari purwokerto by bus,ga dapet tiket kereta ke Malang pada saat itu,(kenapa ga pesen tiket dari jauh hari arummmmm) Dari Purwokerto ke Surabaya berangkat jam 7 pagi beli tiket di tempat,sekitar Rp.100.000 bus patas (mahal ya :( huftt ) lnjut sampe surabaya itu kalau ga salah jam 7 an malem & nginep dulu dirumah temen di surabaya,yuhuuu..alhamdulillah,banyak yang membantu selama perjalanan. Baru paginya aq berangkat ke Malang.... Semeruuuu saya datang menjengukmuuuuuu

Jumat 13 Juli 2012, jam 11.00 WIB sampai di Malang,ketemu rizal dan adi di kost rizal.Oia jangan lupa mau mendaki semeru,berarti bawa surat sehat,dan fotocopy ktp . Hemmm saya lupa membuat surat sehat.Maka saat itu juga saya meminta rizal mengantar ke RS terdekat,untuk membuat surat sehat.Jangan mencontoh saya yang serba dadakan begini yah ^_^ . setelah surat sehat..logistik..logiatik..pas saat korrdinasi kami memang sepakat untuk membeli logistik patungan kalau sudah berkumpul di semarang,jdi bisa packing ulang.
^___^ sembari mereka jumat'an saya packing ala kadarnya. Packing yg bener,ngecheck yg dibawa,camera jg jangan lupa,senter,SB dll.Akhirnya 2 carier,1 daypack.yap kami siap mendaki semeru... Bismillah...

Berangkat dari kost rizal itu habis jumatan jam 13.00, sampai tumpang jam 14.00 Wib hem.... disana nunggu Jeep untuk bermuatan penuh,bru ada 5 orang,aku,rizal,adi dan 2 orang lain yang sudah stay di tumpang dari beberapa jam sebelum kami datang. kalau jeep nya disewa langsung jalan yah sekitar Rp 300.000 (buat saya itu mahal rek...maklum anak kost;alesann) maka kami memutuskan menunggu pendaki lain untuk menyewa jeep ini,sejam... dua jam berlalu hampir mau maghrib (saat itu saya sedang berhalangan untuk menunaikan sholat ) ada 2 pendaki kaka beradik dari surabaya,ada 1 orang juga dari surabaya, maka 3 orang bertambah.total jdi 7 orang ,msih kurang buat urunan jeep. ga berapa lama ada 5 orang pendaki mahasiswa Universitas Brawijaya.yeayyyyy alhamdulillah banyakk,berangkat please...berangkat....

Berangkat nya pas maghrib-maghrib gimana gituuuu... fyuh.... untung pas mendaki ini belum ada pilem 5 cm yg tersohor itu,kalau engga yahhh... dri rumah berenti-berenti pas ditempat genta nunjukin mahameru,wkwkwkwk...

sayang ga bisa foto-foto sama jeep nya.jeep nya cakep...sangarrr mennn. Perjalanan malam,dari tumpang ke Ranu Pane ( Base Camp ) sekitar 1 1/2 jam  , sayang 'ngak keliatan pemandangannya,hem... duduk di belakang jeep,rame... kami semua total ber 13 yeay..rame... baru kali ini mendaki gunung rame,biasanya saya mendaki cuma ber 5 atau ber 6 paling banter.

sampai ranu pane, base camp ngopi-ngopi... ngeteh-ngeteh..ke pos perijinan dan TUTUP...
saya ga bisa berbahasa jawa,saya nyerah deh kalau disuruh ngomong jawa,maka rizal lah yang ke pos,dan dia bilang pos tutup, baru boleh melakukan pendakian besok pagi. bete..jengkel...harusnya tadi lebih prepare supaya ga kemaleman arummmm..... NAKAL...BANDEL....BANDEL....Harusnya besok pagi udah di Ranu Kumbolo,udah poto-poto sama mba medina kamil,kwwkkwkw..
rizal: Tole (sebutannya untuk saya) kita nekat aja ke ranu kumbolo malem ini kayaknya ga papa kok,
saya: beneran zal?ga dimarahin?ga diomelin ?

saya sempet khawatir karena Semeru masih masuk pengawasan Balai Taman Nasional Bromo Tengger Semeru , takut nantinya kami didenda atau apalah. was-was tepatnya,mungkin ya beginilah,kami semua berunding,dan kami semua tetap akan mendaki malam itu juga ber 13 : 3 wanita,10 lelaki .Bismillah.. kami berdoa,leader saat itu kami memilih adi sebagai leader,karena ini penting,dia yg pernah ke semeru selain rizal dan beberapa anak lainnya. senter disiapkan, carier di benarkan supaya jalan pun enak.
Setiap doa yang selalu saya panjatkan sebelum memulai pendakian

"Ya Rabb Sampaikanlah kami semua di puncak dengan selamat, dan kembalikanlah kami semua ke rumah dengan Selamat "
break - leyeh-leyeh

untuk sampai Ranu kumbolo di tiap pos nya kami break,jalan 2 jam terasa lelah nya,dari 3 wanita mungkin yang paling lelah 1 cewek yg kakak beradik ini,umurnya msih muda,smp / sma mungkin,jadi kami memutuskan untuk memperlambat jalan kami,sejam kemudian semua lebih nampak keliatan lelah.Dingin nya memang dingin banget malam itu,tapi yah selalu ada teriak'kan "Semangat Semangat,sebentar lagi Rakum-Ranu Kumbolo" di setiap mendaki memang kata-kata itu sangat ampuh. "semangat - semangat" hampir berjalan 4 jam berjalan 5 orang mahasiswa tadi merasa mungkin jalan kami terlalu cepat,kami berpisah dari pos terakhir sebelum ranu kumbolo,sayang memang,tapi kelihatannya mereka juga sudah sangat letih.kami menyelesaikan perjalanan sampai ke Ranu Kumbolo malam itu demi pagi-pagi ketemu mba medina kamil nih,heheheheh....

welcome to Ranu Kumbolo
Alhamdulillah Ranu Kumbolo,ada dome-dome kuning banyak banget,Ranu Kumbolo full banget malem itu,dari ujung sampai ujung terisi,maka kami memutuskan mendirikan tenda disamping tenda besar,sepertinya milik crew Jejak Petualang.beberes selesai mari kita tidur,besok poto-poto.hehehehe

Buongiorno ^____^ selamat pagiiii
mba medina kamil - saya - mba fika ( JP7)

mas tyo JP survival
pagi itu memang indah,bangun-bangun denger suara mba fika menyapa para peserta jambore Jejak petualang,melihat mereka dari dekat.yeayyy.... my dream's come true ,Thanks GOD...
mba kue jahe ^_^ she's so beautiful

dad... i did it.. he's om dudit from Mancing mania Mantapppppp
Hari itu gerimis,rencana ada lomba mengumpulkan sampah,kami terlambat ,seharusnya kemarin kami  mengkuti kegiatan ini dari awal start di ranu pane, Ga Papa lah,itung-itung ikut ngumpulin sampah yang ada disekitar jalur kumbolo ini, ini syutting,hehehe..masuk frame deh muka ane,kata temen-temen yg waktu itu nonton Jejak Petualang edisi Jambore Jejak Petualang.yihaaa...

Ranu Kumbolo hari itu tertutup kabut :( tai tidak mengurangi keindahan nya yg tersohor, Ranu kumbolo dengan air nya
Satu lagi cerita disini,ketemu sama juventini asal jogjakarta... karena dia melihat saya berjaket juve dia menegur saya,banyak cerita ternyata dia Member JCI Chapter Jogjakarta,FORZA JUVE
sebelah kiri pak de ndaru (juventini)

yel - yel di Ranu Kumbolo bareng pak de ndaru bertiga sama rizal,ga nyangka ada yg mendekat dan dia juventini jugaa....
mba putri JP + Juventini
lovely day... bareng Jejak Petualang, ketemu juventini , alhamdulillah salah satu mimpi kecil jadi kenyataan...

upacara bendera bersama tim di Ranu Kumbolo
Misi terakhirnya ke puncak mahameru,ntr di posting lagi deh tenatang pendakian yg menyisakan 8 orang hehehe.
next plan..mau ngadain pendakian bersama buat juventini juga,semoga plan 2013 ini terlaksana Ya Rabb ...